[Terbaru][6]

Nasional
Internasional
Sepak Bola
Hukum
Kesehatan
Teknologi
Politik
Kriminal
Sejarah
Inspiratif
F2
MotoGP
Basket
Bisnis
F1
Tinju
loading...

Inilah Astronaut Pertama Yang Berpuasa di Luar Angkasa


LiputaNesia.id - Menjalankan ibadah puasa selama bekerja di tempat ekstrem bukan perkara mudah. Terlebih bila tempat menjalani puasa itu adalah antariksa.

Sultan bin Salman Al Saud adalah astronaut muslim yang mengalami hal tersebut. Di tahun 1985 ia menjalani puasa di luar angkasa ketika ambil bagian sebagai astronaut dengan spesialis di wahana Discovery milik NASA.

Sultan adalah putra kedua dari Raja Salman. Ia lahir di Riyadh pada 27 Juni 1956. Pencapaiannya menuju antariksa mencatatkan nama Sultan sebagai muslim pertama yang terbang ke luar angkasa.

Mengutip Arabnews, Sultan mengenang pengalamannya menjalankan ibadah di antariksa. Saat itu kedatangannya di sana bertepatan dengan Ramadan 1405 H.

Selama menjalankan misi di antariksa, Sultan tetap berpuasa.

"Perjalanan itu awalnya dijadwalkan mulai 24 Ramadan tapi ditunda hingga 29 Ramadan," kata Sultan. Dengan demikian ia berangkat ke antariksa di akhir Ramadan.

Tepat di tanggal itu, Sultan dan timnya melaju dengan pesawat Discovery. Sebelum terbang, Sultan melaksanakan sahur dan salat subuh.

Untuk mencari panduan berpuasa di luar angkasa, Sultan mencari nasihat kepada ahli agama bernama Sheikh Abdul Aziz Bin Baz.

"Ahli agama mengatakan saya bisa berbuka puasa dengan mengacu waktu di Bumi tempat saya berangkat," ujar Sultan.

Discovery memulai misinya dengan lepas landas di Kennedy Space Center di Florida. Alhasil Sultan memakai waktu Florida ketika ia lepas landas sebagai acuan berbuka puasa.

Sultan benar-benar mengandalkan saran dari Bin Baz untuk beribadah selama di luar angkasa. Selain puasa, saran itu ia butuhkan untuk melaksanakan salat. Contohnya adalah masukan yang diterima untuk menyucikan tubuhnya sebelum salat menggunakan handuk basah. Opsi itu diputuskan karena ketiadaan gravitasi di luar angkasa.

Selain puasa dan salat, Sultan juga membaca Al Quran. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan mengkhatamkan Al Quran dalam waktu enam hari saja.

Ia melengkapi ibadahnya di luar angkasa dengan merayakan Idul Fitri 1405 H. Dengan begitu, ia juga berhasil mengamati Bulan dari dalam pesawat STS-51-G di hari raya tersebut.

Dengan pencapaian itu, Sultan tak hanya terdaftar sebagai muslim pertama yang berhasil ke luar angkasa. Ia juga tercatat sebagai anggota kerajaan sekaligus warga Arab pertama yang mengunjungi antariksa.

Sebelum berangkat, Sultan diharuskan berlatih menahan panas dan haus di pusat pelatihan milik National Aeronautics Space Administration (NASA) dengan kondisi malam yang tak lebih dari enam jam. Mengingat di tahun itu, Ramadan bertepatan dengan musim panas.


Sumber: cnnindonesia.com




agen poker,agen dominoQQ,agen domino99,agen ceme,agen sakong,agen capsa,agen bandarQ,agen aduQ,agen online,agen judi
REMI13 adalah Agen Poker, DominoQQ, Ceme, Sakong & Capsa Online Indonesia dengan predikat 'Pendatang Baru Terbaik'. Situs Poker Online satu ini menyediakan pelayanan yang profesional serta proses Deposit / Withdraw yang super cepat, kurang dari 3 menit jika bank tidak terjadi gangguan / offline.

LiputaNesia.id

Kumpulan Berita Terkini dan Viral

Start typing and press Enter to search

close
Poker Online Indonesia Terpercaya