[Terbaru][6]

Nasional
Internasional
Sepak Bola
Hukum
Kesehatan
Teknologi
Politik
Kriminal
Sejarah
Inspiratif
F2
MotoGP
Basket
Bisnis
F1
Tinju
loading...

Cara Indonesia Menjadi Destinasi Wisata Halal Terbaik di Dunia


LiputaNesia.id - Berbagai masalah di Indonesia menghambat pengembangan industri pariwisata halal. Sebut saja tentang sertifikasi halal untuk restoran.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun selalu berulang kali menyebutkan permasalahan terkait sertifikasi halal baik dalam forum resmi maupun perbincangan dengan wartawan. Salah satunya ketika acara "Launch GMTI 2017 #220by2020" di Jakarta, Rabu (3/5/2017).

"Kelemahan Indonesia itu sudah merasa halal. Kita (Indonesia) merasa tak harus disertifikasi. Padahal customer mau itu (sertifikasi)," kata Arief dalam sambutannya.

Di sisi lain, Arief bersikukuh untuk membawa Indonesia ke level yang lebih tinggi dalam hal wisata halal. Ia menargetkan Indonesia bisa menduduki peringkat pertama pada Global Muslim Travel Index pada tahun 2018.

Lalu, hal apa yang mesti dilakukan oleh Indonesia agar bisa menjadi yang terbaik di kancah wisata halal dunia?

Arief menginstruksikan kepada pelaku industri untuk agar memakai standar global. Menurutnya, standar global akan meningkatkan daya saing industri secara internasional.
Chief Executive Officer CrescentRating & HalalTrip, Fazal Bahardeen salah satunya menekankan pada proses komunikasi antara pelaku industri dan wisatawan. Ia menyebut pelaku industri mesti menjelaskan tentang makanan halal.

"Saya rasa secara keseluruhan halal food communication. Jadi display mana halal dan non halal kepada pengunjung," jelasnya.

Ia juga menyarankan Indonesia agar memperkuat konektivitas udara secara langsung dari negara-negara asal wisatawan Muslim. Kemudian, Fazal juga menyarankan agar Indonesia membuat kesadaran bersama secara internal dan eksternal.

"Internal untuk memastikan pelaku industri pariwisata, pasar wisatawan Muslim itu adalah pasar yang besar. Itu bukan pasar wisata agama tapi halal market. Lebih ke gaya hidup. Kemudian, komunikasi ke dunia luar," jelas Fazal seusai acara.

Berdasarkan studi Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016, total jumlah wisatawan Muslim dunia mencapai 117 juta pada 2015.
Jumlah itu diperkirakan terus bertambah hingga mencapai 168 juta wisatawan pada 2020 dengan pengeluaran di atas 200 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2,6 triliun.

Potensi wisata halal sendiri diperkirakan akan terus tumbuh. Fazal memprediksi bahwa pada tahun 2020, jumlah wisatawan akan tumbuh menjadi 156 juta turis dengan pengeluaran mencapai 220 miliar dollar AS.


Sumber: kompas.com




agen poker,agen dominoQQ,agen domino99,agen ceme,agen sakong,agen capsa,agen bandarQ,agen aduQ,agen online,agen judi
REMI13 adalah Agen Poker, DominoQQ, Ceme, Sakong & Capsa Online Indonesia dengan predikat 'Pendatang Baru Terbaik'. Situs Poker Online satu ini menyediakan pelayanan yang profesional serta proses Deposit / Withdraw yang super cepat, kurang dari 3 menit jika bank tidak terjadi gangguan / offline.

LiputaNesia.id

Kumpulan Berita Terkini dan Viral

Start typing and press Enter to search

close
Poker Online Indonesia Terpercaya