[Terbaru][6]

Nasional
Internasional
Sepak Bola
Hukum
Kesehatan
Teknologi
Politik
Kriminal
Sejarah
Inspiratif
F2
MotoGP
Basket
Bisnis
F1
Tinju
loading...

Petani Tasikmalaya Go International


LiputaNesia.id - Siapa yang sangka jika kita punya produk dalam negeri yang mampu bersaing di luar negeri bukan dari produk yang mewah, namun ini dihasilkan dari para petani yakni beras organik, dengan mampu bersaing di pasar Internasional berarti ada harapan untuk petani di tanah air lebih berkembang dan tentunya akan mengangkat nasib petani yang mana selalu resah dengan harga murah dari hasil panennya.

Hasil ini tidaklepas dari keseriusan dari para petani yang memnafaatkan lahan pertanian dengan baik, beras tersebut dihasilkan dari para petani di Kabupaten Tasikmalaya yang sekarang sudah mampu menembus pasar lima Benua, cukup mengagumkanm bukan? Melihat kerja keras para petani di Tasik akan jadi cermin yang jernih untuk para petani yang lain mengembankan beras organik agar mampu bersaing dan tentunya mengahsilkan beras dengan kualitas terbaik.

Pihak pemerintah kabupaten Tasikmalya Uu Ruzhanul Ulum yang menjelaskan, memang ini sudah menjadi bagian dari rencana utama dari sejak beliau dipercaya untuk mempimpin Tasik dan langsung konsen untuk mengembangkan usaha dalm dunia pertanian. Jika dari beberapa Bupati lebih memilih untuk gencar mengembangkan berbagai teknologi, berbeda dengan beliau yang justru jauh dari kota lain. Namun beliau mampu membuktikan akan peluang pasar Internsional.

“Padi organik hasil dari para petani di kabupaten tasik sekarang sudah diekspor menuju lima benua, dengan harapan saya mampu meningkatkan perputaran perekonomian dari warga disini, sebab harga dari padi organik juga berbeeda dengan paadi biasanya apalagi ini sudah masuk pasar Internasional,” tegas Uu, Selasa 07 Februari.

Bupati Tasik juga menjelaskan akan ketalatenan para petani di daerahnya, meski hanya bertanai namun warga Tasik bisa hidup sejahtera, ebab profesi ini bukan menjadi pilihan, seandainya ada yang masuk fakultas pertanian pasti tidak enggan untuk proses bercocok tanam seperti para petani yang berjuang dibawah terik matahari. Dengan adanya langkah ini petani di Tasik sekarang lebih giat untuk bertani dan sekarang mereka lebih baik ekonominya.

“Dari data yang kami punya ada lahan 350 hektar yang sekarang dimanfaatkan untuk bercocok tanam khususnya padi organik, kami juga sudah memiliki tujuan pasar yakni Amerika,Belgia, Italia dan tidakketinggalan negara tetangga yang sudah terlbih dahulu menjadi psar utama,” sambungnya.

Para petani saat ini sudah tidaklagi ngeluh atau reah akan hasil padinya, namun ini bukan suatu pencapaian yang mudah bagi bupati dan warga Tasik, sebab ini dirintis dari tahun 2008 hingga mampu bertahan bertahun-tahun bahkan saat ini mampu mengeskpor 200 ton padi organik sekarang ekspor dari kabupaten Tasik menunjukkan prosentase meningkat dari pertahunnya.

Nah jika melihat uusaha Bapak Uu mengembangkan pertanian di daerahnya bisa menjadi peluang besar untuk daerah selain tasik ikut memberdayakan petani untuk go internasional, hehe.

Hasil yang membanggakan tersebut tidak hanya mampu menembus pasar Internasional namun dalam pasar dalam Negeri beras organik juga jadi pilihan melihat dari banyaknya permintaan yang cukup besar, khusus untuk dalam negeri yang permintaannya cukup besar ialah di kota Bandung dan Jakarta

Namun untuk menembangkan dunia pertanian seperti Bapak Uu tidak hanya praktek saja di sawah namun secara teory juga dikembangkan dalam dunia pendidikan yang sekarang sudah diterapkan di enam SMK khusus untuk pertanian di Kabuaten Tasikmalaya, luar biasa memang Bapak Uu.

Meski pada awalnya tidak ada ysiswa yang berminat untuk belajar pada kelas pertanian, namun dengan segala usaha dan pembuktian jika pertanian didaerah Tasik sudah mendunia sekarang justru banyak sekali siswa yang masuk dalam kelas pertanian, dengan mengembangkan berbaagai aspe tentunya Bapak Uu semakin yakin jika usahanya ini akan lebih berkembang demi mensejahterkan masyarakatnya.

Keseriusan Uu menggarap dunia pertanian tak hanya pada praktiknya saja. Secara teori, Uu mengambangkannya pada dunia pendidikan. Di mana kini telah ada enam SMK khusus pertanian di Kabupaten Tasikmalaya.

“Awalnya memang kurang diminati karena terlihat tidak ada muridnya, sekarang justru banyak yang berminat. Makanya SMK khusus pertanian ini jumlahnya semakin banyak karena minat pelajar juga semakin tinggi,” tutup dia.


Sumber: seword.com
REMI13 adalah Agen Poker, DominoQQ, Ceme, Sakong & Capsa Online Indonesia dengan predikat 'Pendatang Baru Terbaik'. Situs Poker Online satu ini menyediakan pelayanan yang profesional serta proses Deposit / Withdraw yang super cepat, kurang dari 3 menit jika bank tidak terjadi gangguan / offline.

LiputaNesia.id

Kumpulan Berita Terkini dan Viral

Start typing and press Enter to search

close
Poker Online Indonesia Terpercaya